Minggu, 22 Maret 2015

AWAS JENITRI PALSU , KENALI DETIL BIJI JENITRI DAN BENAR ADAKAH KHASIATNYA ?

Biji Genitri

Genitri merupakan biji yang berasal dari pohon eliocarpus ganitrus roxb . Biji Genitri banyak tersebar di kawasan pesisir pulau jawa,sumatra,dan kalimantan. Biji genitri yang bentuknya seperti anggur ternyata memiliki khasiat yang luar biasa. Sepertikayu kokka,biji genitri mengandung elektromagnet yang jika bersentuhan dengan kulit maka khasiat genitri akan terasa. Biasanya akan merasa lebih tenang,rileks,dan peredaran darah menjadi lancar.
Biji genitri memang banyak jenisnya dan garisnya. Garis dari biji genitri kebanyakan garis 5,selain garis 5 termasuk biji yang langka. Itulah kenapa harga selain garis 5 mahal,ada yang 1 bijinya itu 100.000-10.000.000. Itulah kenapa genitri seperti berlian,banyak diburu namun butuh perjuangan untuk mendapatkannya. Untuk harga biji genitri bervariasi ada yang per kg dan ada yang per biji. Biasanya untuk harga kiloan masih campur belum di sortir,dan untuk harga bijian adalah biji genitri yang telah di sortir berdasarkan ukuran dan jenis.
Nah,biji genitri yang sudah di pilah pilih kemudian jika menghendaki membuat aksesoris,maka biji harus dibor terlebih dahulu supaya benang mudah masuk. Aksesoris dari biji genitri yang cantik,menawan,dan tentunya bermanfaat antara lain : Tasbih Genitri (99),Japa Mala Genitri (108),Rosario Genitri (54),Gelang Genitri,Tas Genitri,Gantungan Kunci,Cincin Genitri,dll. Jika anda sudah tau teknik dalam meronce biji maka anda dapat membuat kerajinan apapun dari biji genitri.


Manfaat Biji Genitri antara lain :
1.Sebagai penghancur lemak,bagaimana cara penggunaannya ? Yaitu dengan merebus biji genitri dengan air satu gelas hingga tersisa setengah gelas.Setelah rebusan dingin,saring,lalu minum.
2.Penyerap polutan,tanamlah pohon genitri disekitar pekarangan anda,maka kualitas udara akan berbeda,karna pohon genitri sebagai penyerap polutan yang baik.
3.Sebagai obat anti bakteri.
4.Sebagai penenang otak
5.Sebagai terapi psikosomatis,dll




 Harga Buah Genitri Setara Dengan Berlian, Berikut Asal-Usulnya

Sekitar 150 tahun lalu orang India itu tinggal di Kauman, Kebumen. Dia menitipkan pohon jenitri kepada seseorang santri yang mengaji di masjid daerah Kauman tersebut. Orang India itu lalu memberikan bimbingan dari mulai menanam pohonnya hingga panen buah jenitri.
Orang India yang namanya diganti Mukti itu juga menampung buah jenitri untuk dibawa ke negaranya. Dia menghargai satu butir jenitri begitu tinggi. Hingga kemudian yang menanam pohon jenitri itu bertambah banyak dan lahannya makin luas. Masyarakat Desa Penusupan pun kemudian beramai-ramai menanam pohon jenitri.
Cara menanam juga perlu diperhatikan. Terlebih dahulu membuat lubang selebar 30 cm, dengan kedalaman sekitar 30 cm. Lubang tersebut diberi pupuk kandang dan dibiarkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10 hari. Selanjutnya ditanam dan diberi pupuk untuk kali pertama. Pohon jenitri juga bisa ditanam di pot.
Apa itu Jenidri ?
Rudraksha-sebutan jenitri di India adalah tanaman setinggi 25-30 m dengan batang tegak dan bulat berwarna cokelat. Sepanjang tepi daunnya bergerigi dan meruncing di bagian ujung. Dalam bahasa India, rudraksa berasal dari kata rudra berarti Dewa Siwa dan aksa berarti mata. Sehingga arti keseluruhan: mata Siwa. Sesuai namanya, orang
Hindu meyakini rudraksa sebagai air mata Dewa yang menitik ke bumi.
Tetesan air mata itu tumbuh menjadi pohon rudraksa.
Mata Siwa
Di Indonesia, biji titisan Dewa Siwa itu populer dengan nama ganitri, genitri, atau jenitri. Indonesia merupakan pengekspor dan produksen terbesar di dunia. Pohon jenitri atau bahasa latinnya Elaeocarpus ganitrus banyak ditanam di Jawa Tengah, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Timor. Indonesia memasok 70% kebutuhan jenitri yang diekspor dalam bentuk butiran biji. Sebanyak 20% pasokan lainnya dari Nepal. Sedangkan India, negara paling banyak menggunakan rudaksa hanya memproduksi 5%.
Menurut Ir. Komari, peneliti dari Pusat Penelitian Institut Teknologi Bandung, biji-biji jenitri keras dan awet, bisa digunakan untuk 8 generasi. Kecuali ukuran, setiap biji memiliki jumlah lekukan atau mukhis berbeda. Jumlahnya bervariasi mulai dari 1 hingga 21 mukhis yang memiliki perbedaan arti.
INI TINGKATAN JENIDRI
(Mukis yaitu jumlah serat jenidri / garis lekukannya)
(Mukhis rata 2 dibawah 8)
(Mukhis istimewa 8-30 makin tinggi makin langka)
Semakin banyak mukhis harganya kian tinggi.
Manfaat jenitri bukan sekadar alat ‘hitung’ dalam berdoa laiknya tasbih bagi kaum Muslim atau rosario bagi umat Nasrani.
Biji jenitri juga berfungsi menghilangkan stres ????
Itu dibuktikan oleh Dr Suhas Roy dari Benaras Hindu University. Penelitiannya mengungkap “utrasum bead“ -sebutan jenitri di Amerika-biji jenitri mengirimkan sinyal secara beraturan ke jantung ketika digunakan sebagai kalung. Ia mengatur aktivitas otak yang mengarah pada kesehatan tubuh.
Efek itu diperoleh lantaran biji sima-sebutan jenitri di Sulawesi Selatan-memiliki sifat kimia dan fisik berupa induksi listrik, kapasitansi listrik, pergerakan listrik, dan elektromagnetik. Karena itu biji jenitri mempengaruhi sistem otak pusat saat menyebarkan rangsangan bioelektrokimia. Hasilnya, otak merasa tenang dan menghasilkan pikiran positif.
Sebetulnya, komposisi kimia jenitri tak beda jauh dengan buah lainnya. Antara lain 50,024% karbon, 17,798% hidrogen, 0,9461% nitrogen, dan 30,4531% oksigen. Beberapa elemen mikro dalam biji tanaman anggota famili Elaeocarpaceae itu adalah aluminum, kalsium, klorin, tembaga, kobalt, nikel, besi, magnesium, mangan, dan fosfor.
Panasea
Pembeda jenitri dan buah lain terungkap melalui riset Institut Teknologi India. Jenitri memiliki nilai spesifik gravitasi sebesar 1,2 dengan pH 4,48. Saat digunakan untuk berdoa, misalnya, jenitri memiliki daya elektromagnetik sebesar 10.000 gauss pada keseimbangan Faraday, hasil konduksi elektron alkalin.
Gara-gara itulah jenitri dipercaya mengontrol tekanan darah, stres, serta berbagai penyakit mental.
Jenitri juga dipercaya menyembuhkan epilepsi, asma, hipertensi, radang sendi, dan penyakit hati. Waw
Cara Pakai :
Ia berguna saat dikalungkan di leher ataupun diminum air rebusan. Caranya? Biji jenitri direndam semalam lalu diminum saat perut kosong.
Itu terbukti efektif meredam hipertensi dan menghasilkan perasaan tenang dan damai. Dalam 7 hari, tekanan darah turun bila dibarengi dengan mengalungkan jenitri di leher. Khasiat lain, jenitri berfungsi sebagai pelindung tubuh dari bakteri, kanker, dan pembengkakan.
Begitulah riset sahih Singh RK dari Departemen Farmakologi, Banaras Hindu University, India. Ia menggunakan berbagai larutan seperti petroleum eter, benzena, kloroform, asetone, dan etanol untuk melarutkan 200 mg/kg buah jenitri kering. Larutan jenitri hasil perendaman selama 30-45 menit itu menunjukkan sifat antipembengkakan radang akut dan nonakut pada tikus yang dilukai.
Di luar itu, jenitri menghilangkan sakit kepala alias antidepresan dan antiborok pada tikus terinjeksi.
Uji praklinis yang melibatkan babi sebagai satwa percobaan, membuktikan jenitri mencegah kerusakan paru-paru. Sebelumnya, babi diinduksi pemicu luka, histamin, dan asetilkoline aerosol. Meski diberi zat perusak paru-paru, organ pernapasan babi-babi itu tetap baik.
Duduk perkaranya karena glikosida, steroid, alkaloid, dan flavonoid yang terkandung dalam jenitri melindungi paru-paru. Keempat zat organik itu juga bersifat antibakteri. Terhitung 28 jenis bakteri gram positif dan negatif enyah oleh ekstrak jenitri antara lain Salmonella typhimurium, Morganella morganii, Plesiomonas shigelloides, Shigella flexnerii, dan Shigela sonneii. Waw mantep gan !!!!
Menurut A B. Ray dari Department of Medicinal Chemistry, Banaras Hindu University, India, alkaloid yang terkandung dalam jenitri: pseudoepi-isoelaeocarpilin, rudrakine, elaeocarpine, isoelaeocarpine, dan elaeocarpiline. Senyawa itu berkhasiat meluruhkan lemak badan. Caranya, 25 gram buah Elaeocarpus ganitrus kering, dicuci dan direbus dalam 1 gelas air sampai air rebusan tersisa separuh. Setelah air rebusan dingin, saring, lalu minum sekaligus. lagi dah!!!!
Pengisap polutan
Cuma itu faedah genitri?
Ada lagi peran lain yang dimainkan oleh genitri sebagaimana hasil riset Dwiarum Setyoningtyas dari Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati, Institut Teknologi Bandung: jenitri sebagai penyerap polutan. Ia membandingkan konsentrasi gas sulfur oksida, nitrogen oksida, dan karbon monoksida dalam kotak kaca berisi tumbuhan ganatri dengan kotak tanpa tumbuhan.
Ke dalam kedua kotak kaca diembuskan emisi gas buang dari hasil pembakaran tiga jenis bahan bakar yang memiliki kandungan biodiesel yang berbeda. Yaitu 10% biodiesel (B-10), 5% biodiesel (B-5), dan 0% biodiesel (B-0) sebagai pembanding. Hasilnya, tingkat pencemaran dari ketiga jenis emisi bahan bakar dalam kotak kaca berisi jenitri tercatat lebih rendah (sulfur oksida 0,81 ? 0,38 ppm, nitrogen oksida 0,49 ? 0,01 ppm, dan karbon monoksida 1,36 ? 0,71 ppm).
Bandingkan dengan kotak kaca tanpa jenitri yang pencemarannya lebih tinggi. Untuk ke-3 zat kimia itu masing-masing 5,15 ? 1,77 ppm, 0,75 ? 0,15 ppm, dan 2,34 ? 1,36 ppm. Kesimpulannya genitri berperan menurunkan tingkat pencemaran. Itu sebabnya, ‘Jenitri digunakan sebagai pohon pelindung di sepanjang jalan Bandung-Lembang
Biji Jenitri Diburu Warga Nepal 

 Harga biji jenitri yang sempat rontok dan merugikan petani, kini mulai menggeliat kembali. Bahkan sejak akhir tahun lalu, pembeli dari Nepal, India, dan Tiongkok, hampir setiap hari berburu buah jenitri di Kebumen.
Penjual jenitri, Sutarno (34), warga Desa Kedawung, Kecamatan Pejagoan, mengatakan untuk menjual jenitri saat ini sangat mudah. Pasalnya, banyak pembeli dari luar negeri yang langsung datang ke Kebumen.
“Bulan-bulan lalu masih sering menginap di hotel di Kebumen. Kalau kita mau jual langsung datang ke hotelnya. Tapi sekarang malah banyak yang ngontrak rumah warga, mungkin untuk menghemat biaya penginapan,” kata Sutarno, yang membeli biji jenitri di wilayah Desa Kejawawang, Kecamatan Sruweng, dan sejumlah desa di Cilacap.
Menurut Sutarno, pembeli warga negara asing itu berani membeli buah jenitri asal Kabupaten Kebumen lebih mahal dibandingkan dengan jenitri dari daerah lain. Bahkan, mereka sudah hafal ciri-ciri jenitri Kebumen.
“Saya pernah membawa yang dari Cilacap dan Kebumen dicampur. Tapi setelah saya tawarkan, pembelinya langsung tahu mana yang dari Kebumen dan mana yang dari Cilacap. Kalau yang dari Cilacap dibelinya murah banget,” ungkapnya.
Ia mengaku tidak mengetahui alasan pembeli membeli jenitri asal Kebumen lebih mahal. Padahal, sekilas tidak ada perbedaan mencolok antara jenitri Kebumen dan Cilacap. “Karena begini ya sekarang saya lebih banyak nyari yang dari Kebumen saja,” ujarnya.
Sementara itu, buah jenitri merupakan bahan pembuatan gelang dan tasbih. Tak hanya itu jenitri juga dimanfaatkan sebagai bahan pembakaran jenazah bagi umat Hindhu di Bali dan india. Di India jenitri merupakan buah yang dikeramatkan, karena konon berasal dari air mata Dewa Syiwa. Itulah yang membuat jenitri banyak diburu keberadaannya oleh warga India.
Jika sebelumnya, jenitri hanya digunakan untuk prosesi peribadatan agama Hindu dan Budha. Sekarang buah ini dipercaya berguna untuk kesehatan. Menurut sebuah literasi, jenitri bermanfaat dapat menyerap toksin, ion-ion negatif, dan untuk ketenangan jiwa.
Petani jenitri asal Desa Kejawang, Kecamatan Sruweng, Baskoro (41), jenitri dibeli beragam, ada yang per biji dan per kilogram. Untuk pembelian per biji harganya sekitar Rp 25, sedangkan per kilogramnya sekitar Rp 17.000. “Harganya memang fluktuatif mengikuti tren pasar,” kata Baskoro.
Namun biji itu selalu laku. Bahkan tahun 1999, harga jenitri untuk ukuran kecil mencapai Rp 150.000 per kg. Dari hasil menjual biji tersebut, petani memiliki penghasilan besar. Umumnya digunakan untuk membeli tanah. Bayangkan saja, sekali panen bagi petani yang memiliki 50 pohon jenitri bisa meraup penghasilan Rp 20 juta.
Baskoro mengungkapkan, jenitri yang diperolehnya itu dipilah-pilah sesuai ukuran, jenis, dan warnanya yang sama. Ukuran jenitri dari 5,5-12 mm. Perbedaan besarnya jenitri per setengah mm. Diakuinya, ukuran jenitri ada yang membedakan harga. Namun perbedaannya lebih pada tekstur, seperti ada yang halus, kasar, bulat, lonjong, dan lempeng.
Untuk warna, yakni cokelat hingga kuning. Untuk warna hitam sortiran. Jenitri cocok untuk kalung dan gelang. Untuk menghasilkan jenitri yang siap dibuat aksesoris itu, dari proses memetik di pohon kemudian direbus dan selanjutnya digilas.
Jenitri dikenal untuk ritual peribadatan. Namun sekarang sebagian bergeser untuk kesehatan dan asesoris. Kegunaan jenitri untuk kesehatan sama seperti batu yang mengeluarkan elektromagnet.(ori/bdg)



MANIK-MANIK JENITRI






ANDA MINAT ? STOK BANYAK KUALITAS EKSPORT . MELAYANI PARTAI KECIL DAN BESAR DAN MELAYANI PEMESANAN BIBIT 
HUB KAMI DI  
LAPAK JENITRI  KEBUMEN 
SMS KE 081804274937 / pin BB 57206e1e . 
TERIMAKASIH

182 komentar:

  1. LAGI PANEN MARET APRIL 2015 KESEMPATAN KALAU ADA LINK EKSPOR KE NEPAL , HONGKONG , INDIA DAN CINA SEGERA HUB KAMI MUMPUNG STOK BANYAK.

    BalasHapus
  2. Pak saya mau jual biji jenitri saya. Banyak stok dan bibit saya juga ada. Mohon untuk info tentang penjualannya pak. Trimakasih.
    083856706991

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lokasi mana, harga dan bisa hubungi ke no 082340480786

      Hapus
  3. bisa saya bantu pak untuk saat ini bulan panen ke 2 di bulan agustus 2015 jadi harga menyesuaikan pasar. telp aja ke no saya nanti kita bantu. mksh

    BalasHapus
  4. saya butuh buah jenitri segar sebanyak 20 kg dengan ukuran diatas 11 mm. Mohon info penjual dan berapa harga per kg?. terima kasih.
    Mohon infonya jika ada penjual yang berminat tolong saya di SMS ke no 08170602356

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak saya punya stok banyak dari panen bulan adustus ini telp ke no saya aja untuk informasi lebih lanjut

      Hapus
    2. Saya juga ada banyak yang butuh bisa WA ke 085288661900

      Hapus
  5. saya juga ada stok banyak buah jenitri pak dari berbagai ukuran dan jenis..jiaka ada yang minat bisa hub.saya di nomor 08973673373

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak wiji kami ada permintaan jenis2 tertentu kualitas good quality masukkan aja poto2 biji yg bapak punya kalo sesuai speck yg kita bthkan kita beli

      Hapus
    2. bapak sebtin aj pak speck yg bpk mau seperti apa nnti biyar saya siapin,soalnya barang ada di kampung di kelola sama paman saya..
      saya ga bisa masukan fto2nya terlebih dahulu pak.

      Hapus
    3. yang jelas keinginan pemesan jenitri berbeda - beda ada yang minta jenis motif bagus ada yang minta bentuk gepeng ada yang minta jenis yang semuanya banyak corak dan ragamnya yang terlalu panjang kalau semua saya tulis didini, Nanti akan kita hub saja lewat no hp anda. terimakasih atas respon anda di blog kami.

      Hapus
  6. 5 sama 6 garis klu boleh tau harganya

    BalasHapus
  7. 5 sama 6 garis klu boleh tau harganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. garis ( muki ) memang mempengaruhi harga jenitri, semakin banyak muki tentu semakin susah dapatnya dalam 1 pohon. untu muki 5 berkisar antara 30 sp 50 rb tergantung motif dan jenisnya kadang bisa lbh mahal. garis 6 jns normal 50 sp 100 rb juga tidak menutup kemungkinan bisa lebih kalau motif , tekstur dan jenis yang bagus bisa lebih mahal lagi.

      Hapus
    2. Saya minta nomer hp dan alamar bpk

      Hapus
  8. Di kmpung sy ada jenitri, kira2 ada yg minat beli nda, ntar sy kasih sample dulu siapa tau cocok, bsa hubngi saya 085228702333

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kita bantu untuk membelinya kalau memeng jenis yang bagus. jenis bagus diantaranya tekstur halus , centre , motif dan ukuran 8 sp 11 mm.. add aja ke pin bb saya seperti yang tertera di atas

      Hapus
    2. Banyak juga di kampung saya yg seperti itu

      Hapus
  9. yang minat jenitri hub :085728739278 stock tak terbatas. kualitas ok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim aja potonya dulu mas ke saya add dulu ke bb saya kalau bagus kita ambil all.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  10. Saya mau tanya pak,apa bedanya garis banya dengan garis sedikit?apakah lebih berkasiat yg bergaris banyak atau bagaimana?soalnya yg aku dapat, garinya paling banyak 8 dan paling sedikit 3.terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya garis/muki menjadi acuan setiap peminat jenitri untuk tafsiran harga dan bukan untuk khasiat. Semakin banyak muki semakin sulit nyarinya tentu semakin mahal. Contoh garis 21 harga bisa puluhan juta krn sulit didapat. Blm tentu 1000 phn ada. Demikian sepintas info dr saya.

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Terima kasih pak infonya, semoga genitri semakin di gemari orang

      Hapus
    4. Pak saya banyak batu jenetrinya

      Hapus
  11. Balasan
    1. kirim aja poto jenitrinya ke bb saya pin sdh tertera di blog ini. jenis jenitri yang bagus tergantung motifnya. jadi tidak ada istilah super.

      Hapus
  12. Kira kira berapa per kg harga genitri

    BalasHapus
    Balasan
    1. anda punya stok silakan tawarkan ke kami bila cocok kami beli.

      Hapus
    2. sy ada stok pak 1 ton dr papua pak..klu minat hub no hp sy 082188378178

      Hapus
    3. saya juga punya pak. dari sulteng..
      stok banyak. jika berminat bisa gub saya Panji hp/wa 085856227771

      Hapus
    4. Hub aja no hp daya yang baru 081227842431 / 082133446826

      Hapus
  13. Sya pnya genitri garis 6 & 5, ukrn 12 mm.
    Minat sms/ vond di no: 089506003519

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya perlu jenitri yg sudah di bor
      Hub:081366097289
      Klo ada komfirmasi ya,saya bli

      Hapus
    2. Saya perlu jenitri yg sudah di bor
      Hub:081366097289
      Klo ada komfirmasi ya,saya bli

      Hapus
    3. silakan aja ub 081804274937 saya stok banyak buat rekan2 bila minat baik polos maupun di bor

      Hapus
  14. Sya pnya genitri garis 6 & 5, ukrn 12 mm.
    Minat sms/ vond di no: 089506003519

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya butu kalau ada brapa harga hubungi di wa 082233068016

      Hapus
    2. Saya butu kalau ada brapa harga hubungi di wa 082233068016

      Hapus
  15. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan rekan semua di blog saya . Pada intinya jenitri /ganitri/rudraksha merupakan biji yg luar biasa sekali manfaat dan merupakan komoditi eksport yg luar biasa menjanjikan bagi yg tau jenitri. Buyer cina . Jepang . Nepal .India .thailand . Singapur sera korea berkompetisi mendapatkan barang good quality di indonesia. Saya termasuk diantaranya supplier jenitri yg berkualitas eksport. Nah bagi anda yg punya biji jenitri silakan kontak saya..add pin bb saya di 57206e1e kirim poto biji jenitri anda.Kalau masuk spec saya langsung kita beli. Saya cari jenitri non muki atau otak2 dan juga jenitri jns blitar . Kediri dan juga sulawesi..jenitri garis 6 , 7. ,8 bila ada hub saya dgn cara add pin bb saya. Atau anda penasaran jenitri saya siap kirim order anda berbentuk tasbih , gelang , mala atau rosario jUga ada. Terimakasih

      Hapus
  16. Kami sedang dan akan mengembangkan tanaman Genetri di Kediri, kami siap bekerjasama dalam hal budidaya maupun pemasarannya. Respon Bapak kami tunggu di 085853529475, terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. silakan aja kami siap bantu baik bibit maupun pemasaran panennya

      Hapus
  17. tolong info budidaya jenitri, bisa tidak di tanam di rawa pasang surut

    BalasHapus
  18. Di jmbi banyak buah begitu di hutan... blom ada yang tau manfaat.nya.. msih di anggap sampah dan hanya jadi makanan kekelawar liar

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  20. saya ada stok genitri 50 kg,jika berminat hubungi 085710632382,posisi saya ada di Halin jakarta timur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya perlu jenitri
      Bs hub:081366097289

      Hapus
    2. Bisa mas saya sedia stok saat ini 2 ton utk sediaan rekan2 yg minat usaha asesoris dari jenitri. Hub aja 081804274937

      Hapus
  21. Yang masih jual biji genitri sapa ya mau beli 1 kg aj.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sedia bj yg sdh d bor kualitas bagus .tinggal rangkai aja. Harga 100rb per kg. Add saja 57206e1e

      Hapus
  22. Harga dihitung perbiji apa perkilo pak? Harga perpohon berapa pak?Bisa gk kalau mau coba tanam,pesan 2 atau 3 biji dulu,apa harus pesan dalam partai besar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biji jntri beda dgn biji tanaman lain. Cara tanam dari biji disemai di tempat yg basah dan bth wktu 3 bulan lbh baru tumbuh tunas dari bj nya. Saya sarankan lbh baik beli bibit yg sdh jd sdh jelas tumbuhnya dan kami sediakan bibit jg 30rb per phn usia 6 bln..tinggal tanam dimanapun sdh kuat. Tinggi 1 m dan sdh dikondisikan tahan segala cuaca

      Hapus
  23. Lebih bagus mana jenitri metik dari pohon sama yg jatuh dri pohon? Mohon tanggapan bpk,trimakasih.

    BalasHapus
  24. Pak mu nayak lebih bagus mana jenitri metik dri pohon sama hg jatuh dari pohon?mohon tanggapan bapak,trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jatuh dari phn keunggulanya sdh tua bnr bj nya .jadi tdk teraoung di air . Krn kalau water up gk ada harganya. Kelemahanya tdk bsa banyak dan kumpul bj nya lama. Kalau disimpan kelamaan dalam bentuk buah bj nya menghitam. Jadi kalo mau bj bagus ya dipetik saat sdh tua d pohon. Tanda bj siap panen warna buah biru tua.

      Hapus
    2. Msh main jenitri pak ?
      Sy br dpt info dr tmn di Bengkulu dia punya stok ratusan kilo. Jika minat nnt sy minta dia krm fotonya. Tks
      Alfon. HP/WA 085319192192

      Hapus
  25. Saya ada kalung dang gelang 7 mukhi berapa harga yah kalau boleh tau

    BalasHapus
  26. kalu galis 5 sama 6 beda apa yah? harga yah apa hasiat yah?

    BalasHapus
  27. Jual/beli jenitri dr indonesia.
    Jawa-papua-eulawesi-kalimantan)
    Cak Rufi(rudraksha of Indonesia)
    08170220272 / 085385600560

    Terima order ecer dangrosir export

    BalasHapus
  28. Jual/beli jenitri dr indonesia.
    Jawa-papua-eulawesi-kalimantan)
    Cak Rufi(rudraksha of Indonesia)
    08170220272 / 085385600560

    Terima order ecer dangrosir export

    BalasHapus
  29. maaf Pak mau tanya sekarang ada berapa Jenis pohon jinitri...? dan berapa harga bibitnya..? terima kasih....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harga bibit 30rb bisa ditanam didaerah pegunungan dan dataran rendah . Mudah ditanam dan tidak perlu perawatan khusus


      Hapus
    2. Nomor wa berapa pak, saya mau pesan bibitnya

      Hapus
  30. Yang 1kg sampai 2jt itu jenis apa ya mas.... Saya punya teman di Makassar punya 120kg jenitri dia katanya biasa jual 2jt... Mohon tanggapannya... Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biji jenitri memang ibarat emas..kita bisa dapat keuntungan bisa dapat kerugian jg kalau bj nya jelek..jns sulawesi memang halus tp untuk dirangkai kalung perlu keahlian sndiri .terutama cara ngebornya. Sifat jntri slwsi bj nya keras dan tidak selalu centre ukuranya. Harga jual memang agak miring krn phn banyak d htn jd tinggal petik saja. Jenitri yg mhl adalah jntri budidaya dgn bibit pilihan dan dgn perlakuan khusus shgga bj yg dihasilkan halus motif garis banyak dan centre.serta gepeng dgn ukuran standart kalung 5 sp 12mm

      Hapus
    2. Biji jenitri memang ibarat emas..kita bisa dapat keuntungan bisa dapat kerugian jg kalau bj nya jelek..jns sulawesi memang halus tp untuk dirangkai kalung perlu keahlian sndiri .terutama cara ngebornya. Sifat jntri slwsi bj nya keras dan tidak selalu centre ukuranya. Harga jual memang agak miring krn phn banyak d htn jd tinggal petik saja. Jenitri yg mhl adalah jntri budidaya dgn bibit pilihan dan dgn perlakuan khusus shgga bj yg dihasilkan halus motif garis banyak dan centre.serta gepeng dgn ukuran standart kalung 5 sp 12mm

      Hapus
  31. mohon info nya nih. berrapa tahun pohon jenitri bisa di panen. bisakah pohon jenitri di cangkok, dan bagaimana prospek nya 4-5 tahun ke depan. trmksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pohon jntri bsa kita panen 2 sp 3 th masa tanam. Kalau yg bissa system sambung dgn dahan phn yg sdh cukup umur jd tdk d cangkok.

      Hapus
  32. Punya jenitri, biasa dibeli 110.000/kg basah,, kalau ada yg nawar lebih tinggi siap,, hub. 081515398769(duan trenggalek jawa timur)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba kirim poto bijinya ke lwt bbm saya mas . Asalkan bagus harga tdk mslh. Pin bb saya 57206e1e

      Hapus
    2. Coba kirim poto bijinya ke lwt bbm saya mas . Asalkan bagus harga tdk mslh. Pin bb saya 57206e1e

      Hapus
  33. bedanya jenis medana dengan jenis lokal apa ya mas, trus yang dimaksud gepeng itu seperti apa. sebab saya punya yang bulat penuh dan ada yang agak gepeng.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Medana nama dari jenis pohon yg ada d kampung medana.ciri khas medana bj bulat halus dan gepeng. Info lbh lanjut add aja pin bb saya 57206e1e

      Hapus
    2. Medana nama dari jenis pohon yg ada d kampung medana.ciri khas medana bj bulat halus dan gepeng. Info lbh lanjut add aja pin bb saya 57206e1e

      Hapus
  34. ooh. y2. prospek jinitri kedepan masih tetap oke ya, mas ? cz sy tertarik bngt untk mmbudidayakan.meskipun di desaku lagi demam nanam cengkeh.

    BalasHapus
  35. Yang membutuhkan biji jenitri saya ada banyak , tinggal panen,,yg minat harga cocok hubungi 089613777712,,pin 5ac78f38,,lokasi kebun di daerah garut..

    BalasHapus
  36. Yang membutuhkan biji jenitri saya ada banyak , tinggal panen,,yg minat harga cocok hubungi 089613777712,,pin 5ac78f38,,lokasi kebun di daerah garut..

    BalasHapus
  37. Pengepul pertama genitri kebumen, beragam motif stock puluhan tons jika berkenan hub:085728739278

    BalasHapus
  38. saya mau jual genitri pak asli kebumen beragam motifnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya booming buyer bulan april mei kalau punya jns yg msk spek mereka bsa laku tinggi

      Hapus
  39. ikut gabung pengepul wonosobo. adnan n 08122750117

    BalasHapus
  40. ikut gabung pengepul wonosobo. adnan n 08122750117

    BalasHapus
  41. Informasi yang sangat bermanfaat, terimakasih, salam kenal boss. Jika berkenan kunjungi blog saya http://kalungkesehatanjenitri.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  42. Pak saya ada simpan nomor dan pin bb bapak,,,jika kita sdh olah jenitrinya kita akan foto dan mohon konfirmasi soal harganya demikian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya silakan aja mdh2 an jns yg bagus jd bsa laku tinggi d jual

      Hapus
  43. Jika ada yg minat biji jemitri garis 5 dn 6 monggo tlpn saya di no 082222201432 keadaan kering

    BalasHapus
    Balasan
    1. Informasikan mas dari daerah mana dan potoin gb nya kirim ke saya

      Hapus
  44. Saya mau tanya mas,saya Sdh panen jenitri,,sy nanemx di Lampung No Mas,kayak mana ya kk mau jualx,makasih Mas

    BalasHapus
  45. Minta pencerahan bos,apakah jenitri apakah bisa berubah warna, sebab temen saya punya semakin lama gelang jenitri yang dia pakai berubah kehitaman.
    Dan mengenai harga perkilonya berapa harga jenitri mukhi 4 atau 5 yang sudah di bor, matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mukhi 4 dan 5 saya ada stok . Malah dari mukhi 1 sp 15 ada. Silahkan add pin bb saya . 57206e1e nanti saya kirim poto2 mk 1 sp 15 . Terutama pesanan mk 4 dan 5 kita kirim poto yg sdh d bor.

      Hapus
    2. Mukhi 4 dan 5 saya ada stok . Malah dari mukhi 1 sp 15 ada. Silahkan add pin bb saya . 57206e1e nanti saya kirim poto2 mk 1 sp 15 . Terutama pesanan mk 4 dan 5 kita kirim poto yg sdh d bor.

      Hapus
  46. Mohon info nya kira2 bisnis jenitri dimulai dari kapan?sy tertarik untuk budidaya tetapi khawatir ini bisnis musiman yang kedepanya akan booming dan buahnya jadi tidak laku.terimkasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenitri ada banyak jns pak . Tiap motif ada pasarnya sendiri2 . Jgn menyerah krn tdk ada yg tdk laku dijual . Bedanya cuma mslh harga saja.

      Hapus
    2. Jenitri ada banyak jns pak . Tiap motif ada pasarnya sendiri2 . Jgn menyerah krn tdk ada yg tdk laku dijual . Bedanya cuma mslh harga saja.

      Hapus
  47. Sedia segala jenis good jenitri,terutama papua dan non mukhi berbagai ukuran dan motif,info WA 085729170288.Thanks.

    BalasHapus
  48. Misi pak,mau nanya kalau misal mau order yg sudah jadi gimana ya dan harganya berapa,sesuai jenis dan ukuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas respon rekan agus . Inv aja ke bb saya dan jg utk rekan lain yg baru gabung utk mulai bisnis ataupun coba2 penasaran mengenai bj jenitri saya ksh info banyak lwt bbm beserta poto2nya.

      Hapus
    2. Terimakasih atas respon rekan agus . Inv aja ke bb saya dan jg utk rekan lain yg baru gabung utk mulai bisnis ataupun coba2 penasaran mengenai bj jenitri saya ksh info banyak lwt bbm beserta poto2nya.

      Hapus
  49. Berapa harga bibity ya,mohon info

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bibit tergantung kualitas bj yg dihasilkan. Add aja ke bb saya utk info lbh detilnya

      Hapus
    2. Bibit tergantung kualitas bj yg dihasilkan. Add aja ke bb saya utk info lbh detilnya

      Hapus
  50. Saya Punya jenitri dari Papua. Punya WhatApps nggak gan !

    BalasHapus
  51. Saya Punya jenitri dari Papua. Punya WhatApps nggak gan !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada pak . Kmrn bpk sdh inv pin bb saya . Sdh saya ksh wa saya . Dan terimakasih sdh add keduanya

      Hapus
    2. Ada pak . Kmrn bpk sdh inv pin bb saya . Sdh saya ksh wa saya . Dan terimakasih sdh add keduanya

      Hapus
  52. Klo ada info wilayah jogja daerah sleman tlg kabari sya gan.. bisa hub. Sya di hp 081327047645, atau wa jga bsa.. trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. TAda beberapa yg stok di wil sana . Mau jual atau beli silakan nanti kita hubungkan

      Hapus
  53. met pagi teman2 semua. sy mau beli jenitri. kalau bpk2 ada stock silakan hubungi di WA 085764945888. terima kasih.

    BalasHapus
  54. monggo yg butuh jenitri . saya ada buat lokasi jogja. lokasi saya Gunungkidul . invite 5F37C82B

    BalasHapus
  55. monggo yg butuh jenitri . saya ada buat lokasi jogja. lokasi saya Gunungkidul . invite 5F37C82B

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kirim aja poto nya ke saya agar kelihatan jnsnya dan bsa saya bantu pemasaranya.

      Hapus
    2. Kirim aja poto nya ke saya agar kelihatan jnsnya dan bsa saya bantu pemasaranya.

      Hapus
  56. monggo yg butuh jenitri . saya ada buat lokasi jogja. lokasi saya Gunungkidul . invite 5F37C82B

    BalasHapus
  57. Saya ada biji jenitri asal Papua. Lokasi Komplek Bandara Soekarno Hatta Rawa Bokor Tangerang Invite WA: 089529334792 : 081310068842 : BB : 5A5A1138

    BalasHapus
    Balasan
    1. Papua sarang semut motif baru yg garis 8 up yg msh dicari

      Hapus
    2. Papua sarang semut motif baru yg garis 8 up yg msh dicari

      Hapus
  58. askum , masih butuh / minat dengan ginitri kah , saya ada stok yang sudah menjadi kalung dan yang masih butiran , saya sudah invite bbm bapak , saya ada stock mukhi 5 & 6 , no saya 081316502396

    BalasHapus
  59. askum , masih butuh / minat dengan ginitri kah , saya ada stok yang sudah menjadi kalung dan yang masih butiran , saya sudah invite bbm bapak , saya ada stock mukhi 5 & 6 , no saya 081316502396

    BalasHapus
  60. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih atas tanggapan rekan2 di blog ini . Biji jenitri penjualan akan bagus jika bijinya bagus. Utk itu bibit pohon harus d cari yg bnr2 kualitas bagus.

      Hapus
    2. Terimakasih atas tanggapan rekan2 di blog ini . Biji jenitri penjualan akan bagus jika bijinya bagus. Utk itu bibit pohon harus d cari yg bnr2 kualitas bagus.

      Hapus
  61. Sekarang berapa harga jual jenitrinya gan

    BalasHapus
  62. Jenitri dari Riau bagaimana Pak kualitasnya ? Saya Ada stock ,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jenitri riau tidak beda jauh dengan bengkulu dan lampung . Silakan inv bbm saya 57206e1e atau wa 08122745955 kirim aja poto2nya

      Hapus
    2. Jenitri riau tidak beda jauh dengan bengkulu dan lampung . Silakan inv bbm saya 57206e1e atau wa 08122745955 kirim aja poto2nya

      Hapus
    3. kalauJenitri SULSEL pak bagaimana pak mohon infonya

      Hapus
  63. Pin BBM dan WhatsApp sdh sy invite mohon diterima kami mau tawarkan genetri asal sulawaesi mudah2an kwalitas bpk cocok kami siap kerjasama

    BalasHapus
  64. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi rekan2 yg baru panen sulit masarin . Add aja ke bb saya 57206e1e atau ke wa 08122745955 . Silahkan kirim poto2nya kalau sesuai spek saya. Saya beli.

      Hapus
    2. Bagi rekan2 yg baru panen sulit masarin . Add aja ke bb saya 57206e1e atau ke wa 08122745955 . Silahkan kirim poto2nya kalau sesuai spek saya. Saya beli.

      Hapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  66. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  67. Rekanan kami membutuhkan buah Jenitri dalam skala besar, yang punya stock plse info ke WA 081289363785

    BalasHapus
  68. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  69. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  70. Jual jenitri daerah dki jakarta stock ada aja ,info lengkal WA saya 083806664012

    BalasHapus
  71. adakah yg jual utk sovenir gelang dan kalung utk partai kecil saja, makasih pam

    BalasHapus
  72. 087771788277
    no WA saya,, info dong yg jual daerah jakarta n tangerang..

    BalasHapus
  73. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  74. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang ingin info mengenai biji atau gelang .kalung serta berbagai macam asesoris dari jenitri bisa lsg ke wa 08122745955 / 081804274937

      Hapus
  75. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  76. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  77. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang ingin info mengenai biji atau gelang .kalung serta berbagai macam asesoris dari jenitri bisa lsg ke wa 08122745955 / 081804274937

      Hapus
    2. Bagi yang ingin info mengenai biji atau gelang .kalung serta berbagai macam asesoris dari jenitri bisa lsg ke wa 08122745955 / 081804274937

      Hapus
  78. Jual biji genitri kalung gelang original Kebumen,,, yang minat hub
    082134125209

    BalasHapus
  79. saya petani genetri dari blitar minat..wa 081334197611

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagi yang ingin info mengenai biji atau gelang .kalung serta berbagai macam asesoris dari jenitri bisa lsg ke wa 08122745955 / 081804274937

      Hapus
    2. buat rekan rekan yang baru mengenal apa itu biji jenitri saya ada klip video mengenai manfaat khasiat biji jenitri . silakan open link url ini.. https://youtu.be/xqWYHWRghyY

      Hapus
    3. ada 2 link yang bisa menambah informasi buat anda
      https://youtu.be/oseaRx8aVUg
      https://youtu.be/xqWYHWRghyY

      Hapus
    4. Berapa harga bibit jenitri nya pak?

      Hapus
  80. Penggunaan biji genitri berapa kali penggunaan ?
    Apakah setelah di rebus masih bisa di gunakan ?

    BalasHapus
  81. Hi! I am need of Rudraksha for bulk buying. Good quality, large size with reasonable price will work.
    Genuine and interested sellers may get in touch with me at +91 98860 75346.
    Thank in advance.

    BalasHapus
  82. May WhatsApp me with actual specs, mukhi as well as price please.

    BalasHapus
  83. Saya punya kayaknya palsu sudah kadi gelang

    BalasHapus
  84. Berapa harga bibit jenitri nya pak..

    BalasHapus
  85. Bibit jenitri yg dari kebumen pak

    BalasHapus
  86. Gimana cara dapat/beli bibit jenitri nya pak, saya ingin mulai bertanam buah ini

    BalasHapus
  87. Q mau tanya kl hrga butiran brapa..

    BalasHapus
  88. Soalnya d kmpung saya bnyak bngt brmacem2 jenitri

    BalasHapus
  89. Pak saya mau beli bibit jenitri, tolong infonya ke WA saya 081375769281

    BalasHapus
  90. Saya mau tanya mukis 5 belum dibor 1kg berapa pak.makasih

    BalasHapus
  91. Ak ada biji jenitri dari bandung.apa harganya bagus?

    BalasHapus
  92. Info utk jenitri skrg harga tergantung jenis dan motifnya . Kalo motif msh langka harga msh bisa bagus.

    BalasHapus
  93. No admin sdh ganti ke no baru 081227842431
    Info dan chat bisa ke no wa tsbt🙏🙏

    BalasHapus